• Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Tanjung Jabung Timur

Izin Beres, Usaha Sukses

Pemkab Akan Kembangkan Seni Budaya di Tanjabtim

Sabtu, 03 September 2016 | 11:01:30 WIB | Dibaca: 287 Kali



MUARASABAK-Untuk mengembangkan seni budaya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Pemkab berencana akan menghidupkan kembali tradisi unik, yaitu Kulintang Melayu yang sudah hampir punah.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahrga (Disbudparpora) Kabupaten Tanjabtim, Heri Widodo melalui Kabid Kebudayaan, Pen mengatakan, selama ini Kulintang Melayu hanya ada di Kecamatan Kuala Jambi, Muarasabak Timur, Nipah Panjang dan Mendahara. ‘’Itupun sudah jarang dilakukan, makanya kita akan kembangkan itu,’’ kata Busu Pen panggilan akrabnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/9) kemarin.

Selain itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke setiap Kecamatan, agar seni budaya yang ada di Kecamatan-Kecamatan bisa hidup kembali. Salah satunya adalah memberikan bantuan alat-alat musik sanggar. ‘’Tanjabtim ini sebenarnya banyak seni budaya yang bisa dikembangkan, namun itu tergantung lagi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) nya lah lagi. Untuk itu, kita memiliki inisiatif untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat dan membantu memberikan bantuan,’’ ungkapnya.

Saat ini, kata Busu Pen, pihaknya tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti festival seni di Jakarta dan persiapan penampilan untuk peringati HUT Tanjabtim ke 17. ‘’Kegiatan ini juga salah satu untuk mengembangkan seni budaya yang ada di Tanjabtim,’’ terangnya.

Dia berharap, seni budaya maupun pariwisata yang ada di Tanjabtim ini bisa terus berkembang pesat, agar apapun yang menjadi tradisi disini bisa dikenal oleh orang luar dan Tanjabtim pun bisa banyak dikunjungi oleh para wisatawan luar. ‘’Hal ini penting sekali untuk dikembangkan. Karena inilah salah satu penarik wisatawan untuk datang ke Tanjabtim. Mudah-mudahan seni budaya yang ada di Tanjabtim ini bisa berkembang pesat dan bisa dikenal oleh daerah-daerah lain,’’ harapnya.



Komentar Facebook




Layanan Perizinan

Online

Syarat

Perizinan Online

Peluang Investasi

Kab. Tanjabtim

Video Tutorial

Perizinan

Regulasi Perizinan

Kab. Tanjabtim

Indeks Kepuasan Masyarakat

Kab. Tanjabtim

LKPM

Kab. Tanjabtim

SIPADI

Marketplace Kab. Tanjabtim