• Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Tanjung Jabung Timur

Izin Beres, Usaha Sukses

Realisasi Dana Desa di Teluk Majelis Dapat Apresiasi

Kamis, 01 September 2016 | 19:15:57 WIB | Dibaca: 298 Kali


MUARASABAK-Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK), Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), memberikan apresiasi penggunaan Dana Desa di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi.

Kades Desa Teluk Majelis, Hanafi mengatakan, berjalan suksesnya pembangunan di Desa Teluk Majelis, hal itu tidak terlepas dari peran dari Pemkab Tanjabtim, khususnya BPMPDK yang selalu memberikan pembinaan dan pendampingan supaya, pelaksanaan pembangunan sesuai dengan perencanaan yang sudah direncakan. ‘’Desa Teluk Majelis ini ada 5 dusun dan bangunan tersebut kita tempatkan ditiap-tiap dusun, karena misi kita yaitu untuk memberikan pemerataan pembangunan di Desa Teluk majelis ini,’’ jelasnya, kemarin.

Hal ini pun tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari Pemkab Tanjabtim dalam memberikan pembinaan dan pendampingan agar pembangunan lebih tepat guna dan tepat sasaran. ‘’Selain itu, peran serta masyarakat dalam mendukung program-program yang ada di desa ini sangat dibutuhkan demi tercapainya tujuan bersama membangun desa kita ini,’’ ungkapnya.

Hal itu menyusul setelah dari perwakilan BPKP Provinsi Jambi, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyerapan dan pelaksanaan dana desa di Desa Teluk Majelis Tahun anggaran 2016. Hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan tersebut, mulai dari pemeriksaan administrasi dalam penyerapan anggaran hingga pelaksanaan pembangunan fisik dilapangan, BPKP Provinsi Jambi menilai Desa Teluk Majelis telah melaksanakan dengan baik dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada. ‘’BPKP Provinsi Jambi, memang ada melakukan monitoring dan evaluasi ke Desa Teluk Majelis, monitoring itu untuk mengecek realisasi pekerjaan fisik dilapangan, apakah proses perencanaan dan pelaksanaannya sudah dilakukan dengan benar. Dari hasil pemeriksaan BPKP, pelaksanaan Dana Desa di Desa Teluk Majelis sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang ada, artinya kan baik,’’ kata Kepala BPMPDK Tanjabtim, Junaedi Rahmad beberapa waktu lalu.

Junaedi Rahmad juga memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Desa Teluk Majelis menurutnya, dalam struktur pemerintahan sangatlah penting memahami peraturan dan ketentuan yang ada agar dalam pelaksanaan realisasi anggaran tidak bertentang dengan hukum. ‘’Apa yang sudah dikerjakan Desa Teluk Majelis sangat saya apresiasi, nanti akan kita adakan Rakor kalau Teluk Majelis memang sudah bagus, maka bisa dijadikan percontohan bagi desa lain. Selain itu, langkah berikutnya kita akan terus adakan pelatihan mengenai sistem aplikasi keuangan desa yang narasumbernya dari pihak BPK,’’ ujarnya.

Adapun fisik yang dibangun Desa Teluk Majelis dengan menggunakan Dana Desa tahap 1 tahun anggaran 2016 ini, yaitu ada 10 item pekerjaan, masing-masing pembangunan fisik tersebut, jerambah beton ada 3 item keseluruhan volumenya sepanjang 121 meter, rabat beton 1 item sepanjang 170 meter, Mck 1 unit, sumur bor 2 unit, dan 3 unit tower penampungan air bersih.



Komentar Facebook




Layanan Perizinan

Online

Syarat

Perizinan Online

Peluang Investasi

Kab. Tanjabtim

Video Tutorial

Perizinan

Regulasi Perizinan

Kab. Tanjabtim

Indeks Kepuasan Masyarakat

Kab. Tanjabtim

LKPM

Kab. Tanjabtim

SIPADI

Marketplace Kab. Tanjabtim