• Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Tanjung Jabung Timur

Izin Beres, Usaha Sukses

Puskesmas Akan Mendapatkan Suntikan Dana Kapitasi

Kamis, 01 September 2016 | 19:15:17 WIB | Dibaca: 271 Kali


MUARASABAK- Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menyalurkan dana Kapitasi terhadap 17 Puskesmas yang terdapat di Kabupaten Tanjabtim. Dimana dana itu nantinya dapat dipergunakan untuk kegiatan didalam maupun diluar gedung, sesuai Permenkes nomor 21 tahun 2016 tentang penggunaan dana kapitasi jaminan kesehatan nasional untuk jasa pelayanan kesehatan dan dukungan biaya operasional pada pasilitas tingkat pertama milik Pemda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim, Syamsiran Halim melalui Kasi Farmasi dan Perizinan, Yuri mengatakan, sebelum dana kapitasi itu tersalurkan ke Puskesmas, terlebih dahulu pihak Dinkes memberikan pemahaman menyangkut alur proses pengunaan dana kapitasi tersebut, agar dana tersebut dapat terarah dan tidak terjadinya tumpang tindih anggaran. ‘’Karena Permenkes itu baru disahkan, dan kita langsung menyikapainya agar dana itu dapat benar-benar tepat sesuai Kemenkes. Dinkes ini hanya sebagai wadah untuk menghimbau dan menunjukan sesuai Permenkes, dan Puskesmas yang membelanjakannya. Seperti halnya, Dinas yang memproses pembelanjaan dari anggaran itu dengan sistem E Katalog,’’ terangnya.

Yuri menjelaskan, dalam bantuan dana Kapitasi itu, Dinkes sebagai sarana perpanjangan tangan pihak Puskesmas, agar pihak Puskesmas itu dapat belanja obat-obatan maupun peralatan medis lainnya di tempat yang tepat. ‘’Ini salah satu langkah untuk melakukan pencegahan terhadap peredaran obat dan vaksin palsu,’’ paparnya.

Dana kapitasi yang akan dikucurkan pihak BPJS Kesehatan terhadap pihak Puskesmas-Puskesmas tersebut, berdasarkan jumlah peserta BPJS yang terdaftar di BPJS Kesehatan pada wilayah masing-masing serta berdasarkan norma kapitasi tergantung kelengkapan, ketersediaan sarana dan tenaga yang terdapat pada masing-masing puskesmas. ‘’Itulah dasar besaran anggaran yang akan didapatkan setiap Puskesmas tersebut,’’ tandasnya.



Komentar Facebook




Layanan Perizinan

Online

Syarat

Perizinan Online

Peluang Investasi

Kab. Tanjabtim

Video Tutorial

Perizinan

Regulasi Perizinan

Kab. Tanjabtim

Indeks Kepuasan Masyarakat

Kab. Tanjabtim

LKPM

Kab. Tanjabtim

SIPADI

Marketplace Kab. Tanjabtim