Pertambangan

Senin, 14 Mei 2018 | 12:41:13 WIB | Dibaca: 31 Kali


Kawasan peruntukan pertambangan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur meliputi

  1. Pertambangan mineral yang terdiri dari pertambangan batu andesit terdapat di Kecamatan Muara Sabak Barat, pertambangan lempung terdapat di Kecamatan Mendahara Ulu, Kecamatan Rantau Rasau dan Kecamatan Geragai. Pertambangan Kaolin terdapat di Kecamatan Mendahara Ulu.
  2. Pertambangan minyak dan gas bumi meliputi sumur pertambangan minyak dan gas bumi terdapat di Kecamatan Geragai, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kecamatan Mendahara Ulu, Kecamatan Mendahara dan Kecamatan Rantau Rasau. Pengolahan pertambangan minyak dan gas bumi terdapat di Kecamatan Geragai.
  3. Pertambangan rakyat meliputi pasir sungai terdapat di Kecamatan Dendang, Kecamatan Berbak, Kecamatan Nipah Panjang, Kecamatan Muara Sabak Timur dan Kecamatan Rantau Rasau.

 

Potensi Sektor Pertambangan

Potensi pertambangan khususnya minyak dan gas bumi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah terekploitasi dan perannya terhadap pendapatan daerah menunjukan peran yang signifikan. Sampai saat ini sub-sektor pertambangan yang telah terekploitasi dengan baik baru minyak dan gas, walau banyak ditemukan ragam potensi tambang lain beruapa potensi sumberdaya alam seperti Gambut, Andesit, Pasir Pantai, Pasir Sungai, Kaolin, Tanah Liat, Pasir Kuarsa pengelolaannya masih dikerjakan oleh rumah tangga.

 

Kabupaten Tanjung Jabung Timur memilki kandungan minyak bumi dan gas yang cukup besar, pada saat ini ada 2 perusahaan asing yaitu Petronas dari Malaysia Petro China dari China yang melakukan eksplorasi gas dan minyak bumi diwilayah ini, Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki cadangan minyak bumi kurang lebih 250 juta barrel sedangkan gas alam cair potensinya 2 Milyard  Feet Cubic Gas sebagai potensi sumber daya hayati. Selain minyak gas dan bumi bahan galian tambang potensial untuk dikembangakan diantaranya Gambut, Andesit, Pasir pantai, Pasir Sungai, kaolin, Tanah Liat, Granit Putih, dan Pasir Kuarsa.

  1. Bahan galian andesit yang dapat dimanfaatkan untuk batu dinding atau batu ukiran terdapat di Kecamatan Muara Sabak Barat (Desa Parit Culum) dengan deposit mencapai kurang lebih 320.460.000 m³.
  2. Pasir pantai banyak terdapat disepanjang pantai barat  di Desa Baku Tuo Kecamatan Sadu volume cadangan sekitar 51.750.000 m³
  3. Jumlah volume cadangan tereka tanah liat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sekitar 65.916.000 m³ yang tersebar di Desa Simpang, Desa Bandar Jaya Kecamatan Rantau Rasau, Desa Kota Baru Kecamatan Dendang, Desa Margomulyo dan Margodadi Kecamatan Mendahara.
  4. Jumlah volume cadangan Pasir Sungai tereka yang tersebar di sepanjang tepi sungai Berbak Kecamatan Rantau Rasau dengan volume sekitar 11.695.299 m³.

Jumlah volume cadangan tereka kaolin sekitar 629.500 m³ yang tersebar di Kecamatan Rantau Rasau, Kecamatan Nipah Panjang dan Kecamatan Mendahara Ulu.

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks