Izin Beres, Usaha Sukses

Perikanan

Senin, 14 Mei 2018 | 12:32:45 WIB | Dibaca: 190 Kali



Kawasan peruntukan perikanan yang terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur meliputi kawasan :

  • Kawasan peruntukan perikanan tangkap dengan komoditas ikan, kerang, udang, cumi-cumi dan kepiting terdapat di Kecamatan Nipah Panjang, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kecamatan Sadu, Kecamatan Kuala Jambi dan Kecamatan Mendahara.
  • Kawasan peruntukan perikanan budidaya berupa :
  1. Perikanan budiadaya air tawar terdapat di Kecamatan Mendahara Ulu, Kecamata Mendahara, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kecamatan Kuala Jambi, Kecamatan Geragai, Kecamatan Dendang, Kecamatan Berbak, Kecamatan Nipah Panjang, Kecamatan Kecamatan Muara Sabak Timur, Kecamatan Sadu dan Kecamatan Rantau Rasau.
  2. Perikanan budidaya air payau terdapat di Kecamatan Kuala Jambi, Kecamatan Nipah Panjang, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kecamatan Sadu dan Kecamatan Mendahara.
  3. Perikanan budidaya laut terdapat di Kecamatan Nipah Panjang dengan komoditas udang dan ikan bandeng dan Kecamatan Sadu dengan komoditas udang, ikan belanak dan ikan kakap
  4. putih.
  • Kawasan pengolahan hasil perikanan terdapat di Kecamatan Sadu, Kecamatan Kuala Jambi dan Kecamatan Nipah Panjang

 

Potensi Sektor Perikanan dan Kelautan

Sebagai daerah yang memiliki wilayah dataran, laut dan pantai. Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki potensi perikanan dan kelautan yang cukup besar baik untuk usaha penangkapan maupun budidaya perikanan, hal tersebut Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan satu dari dua Kabupaten di Provinsi Jambi yang memilki wilayah laut dengan letak wilayah geografisnya yang sangat strategis yang berdekatan dengan kawasan Sijori (Singapura, Johor, Riau) dan kawasan Sibajo (Singapura, Batam, Johor), daerah tangkapan ikan relatif luas mencangkup kawasan laut cina selatan dan perairan umum, rawa dan daerah pasang surut.

 Kabupaten Tanjung Jabung Timur mempunyai potensi sumber daya alam pada sektor kelautan dan perikanan yang cukup besar, dengan panjang garis pantai 191 km yang membentang dari perbatasan dengan Kabupaten Tanjung Jabung Barat sampai dengan perbatasan Provinsi Sumatra Selatan, mempunyai potensi perikanan tangkap laut dengan luas areal 77.752 hektar, berdasarkan produksi ikan menurut sub sektor Dinas Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Hasil perikanan tangkap yang terdiri dari perikanan laut produksinya mencapai 23491,54 ton, perairan umum mencapai 319.00 ton, serta hasil budidaya perikanan untuk tambak mencapai 140.90 ton, kolam mencapai 107.50 ton dan keramba jaring apung mencapai 67.25 ton dari berbagi jenis perairan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini dengan produksi terbesar untuk perairan laut terdapat di Kecamatan Mendahara, Kecamatan Nipah Panjang, Kecamatan Sadu, Kecamatan Kuala Jambi dan Kecamatan Muara Sabak Timur.

Secara umum perikanan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dikelompokan menjadi dua yaitu perikanan laut dan darat, pengembangan sentra perikanan darat (perikanan budidaya dan tambak) pada dasarnya memanfaatkan aliran sungai yang ada seperti Sungai Pemusiran, Sungai Sadu, Sungai Simpang Jelita dan Sungai Simpang Datuk yang mana pengembangan sentra perikanan dapat berupa kolam dan tambak terletak di Kecamatan Sadu, Nipah Panjang, Berbak, Rantau Rasau, dan Kecamatan Muara Sabak Timur dengan perikanan areal potensi keseluruhan sebesar 14.000 Ha.

Komentar Facebook


Layanan Perizinan

Online

Syarat

Perizinan Online

Call Center

DPMPTSP Kab. Tanjabtim

Video Tutorial

Perizinan

Regulasi Perizinan

DPMPTSP Kab. Tanjabtim

Official Website

DPMPTSP Kab. Tanjabtim

Monitoring Berkas

DPMPTSP Kab. Tanjabtim

Peta Perizinan

di Kab. Tanjabtim